top of page

9 Tips Jitu Memilih Karpet Masjid Yang Berkualitas Dan Praktis

Turkeykarpet.com - Tips Mudah Memilih Karpet Masjid, Karpet merupakan barang wajib yang biasa dipakai untuk kegiatan sholat berjamaah dimasjid. Untuk itu dalam hal pemilihan karpetpun tidak boleh asal asalan.


Tips Memilih Karpet Masjid

Yuk kita simak bersama hal apa saja yang perlu dipastikan sebelum membeli karpet masjid, agar bisa mendapatkan karpet masjid kualitas terbaik.


Pastikan budget yang tersedia untuk karpet


Inilah yang pertama kali diperhatikan, seberapa besar budget yang tersedia. Sangat diusahakan untuk mendapatkan karpet yang berkualitas dengan dana yang sudah ada.


Setiap pengurus dituntut pandai dalam menentukan pilihan pembelian karpet. Bisa memastikan total biaya yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran yang sudah tersedia dan tidak melebihi anggaran. Dan diusahakan juga tidak memilih yang murah tapi kualitas biasa.


Pastikan Ukuran Ruang


Jika sudah tau mau pakai motif dan warna seperti apa nantinya, saatnya memastika ukuran ruang yang akan diberi karpet.


Pengukuran ruang harus dilalukan, meliputi bagian untuk shalat jamaah pria, wanita, dan juga apa lantainya bertingkat sesuai rencana karpet akan dipasang. Pastikan juga adanya pilar pilar pada masjid agar mudah dalam perhitungan kebutuhan jumlah karpet.


Pastikan Ukuran Karpet


Setelah ukuran ruang dan kemiringan shaf pasti, anda bisa menggambar detail denahnya. Denah ini nantinya sebagai acuan untuk mementukan jumlah karpet yang dibutuhkan.


Saat ini sudah ada karpet masjid yang memiliki lebar 120cm tipe menengah. Dengan memakain lebar karpet 120cm, bisa menghindari tubrukan dengan jamaah lain saat rukuk maupun sujud.


Hitunglah dengan teliti kebutuhan karpet untuk ruangan shalat. Jangan sampai membeli lebih dari jumlah yang dibutuhkan dan jangan pula sampai kurang agar tidak repot membeli kekurangannya.


Satu lagi soal karpet pasti memiliki ketebalan yang berbeda beda, ini juga mementukan kenyamanan dalam beribadah. Namun yang satu ini biasanya kurang diperhatikan, padahal karpet yang tebal memberikan kenyamanan lang lebih saat digunakan untuk kegiatan ibadah.


Kami beri satu rumus sederhana yang mudah dipraktekkan dalam mengetahui kebutuhan karpet yaitu cukup tahu ukuran panjang dan lebar ruangan. Berikutnya membagi ukuran lebar ruangan dengan lebar karpet. Dari hasil itu didapatlah jumlah shaf shalat. Jumlah kebutuhan karpet bisa diketahui dari jumlah shaf dikalikan panjang ruangan.


Contoh :

  • Jika Panjang 10m dan lebar 6m

  • Rumus Jumlah shaf = 6 dibagi 1.2 jadi 5 shaff

  • Jumlah Kebutuhan karpet = 5 shaff x 10m = 50m Untuk lebih jelas dan detail anda bisa berkonsultasi dengan customer service penjual karpet terpercaya di turkeykarpet.

Pastikan Kemiringan Shaf


Kemiringan shaf shalat masjid anda perlu diperhatikan. Jika memang miring shafnya, sebaiknya bisa diukur ulang untuk kemiringannya dengan berkonsultasi dengan kementerian agama terdekat untuk meminta pengukuran ulang arah kiblat agar kemiringan nya akurat. Beda lagi kalau shaf masjid anda garis shaf lurus maka tidak perlu pengukuran arah kiblat.


Pastikan Bahan Karpet


Secara umum karpet masjid yang bagus berbahan khasmir, namun harganya lebih mahal. Karpet khasmir banyak berasal dari Turki.


Selain itu ada juga pilihan lain yang berbahan polypropylene yang kualitasnya tak kalah bagus dengan khasmir, karena bahan ini yang umum digunakan dalam pembuatan karpet.


Perlu diketahui Polypropylene adalah bahan serat terkuat yang memiliki kelebihan anti jamur, anti abrasi, bisa tahan bahan kimia, tahan terhadap serangga, dan yang paling utamanya bisa tahan lama dipakai.


Inilah sebabnya mengapa banyak sekali yang lebih memilih karpet polypropylene untuk masjid, rumah ataupun kantor.


Selain itu kelebihan lainnya adalah mudah sekali dibersihkan, teksturnya cukup halus, motifnya banyak dan warna-warna yang cerah, dan tentunya harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Pastikanlah memilih karpet yang berbahan lembut dan tebal agar nyaman serta bisa menyerap keringat.


Pastikan Kualitas Produk


Kalau bicara kualitas sangat identik dengan harga, karena kualitas berbanding lurus dengan harganya.

Jadi tidak diragukan lagi kalau harganlya mahal tentunya kualitasnya pasti bagus. Sebaliknya, karpet yang harga murah umunnya memiliki kualitas lebih rendah.


Kualitas karpet masjid sangatlah penting untuk membeikan kenyamanan lebih terhadap jamaah dalam beribadah dan menjadi prioritas utama.


Tentunya Karpet tebal dan halus akan membuat jamaah merasa nyaman dan betah berlama-lama di masjid dan menjadi lebih bersemangat melakukan kegiatan ibadah di masjid.


Utamakan memilih karpet turki jika budget yang ada cukup, namaun jika tidak pilihlah sesuai budget yang ada dengan terlebih dahulu memperhatikan aspek aspek diatas.


Pastikan Motif dan Warna


Pemilihan motif serta warna karpet yang tepat sangat penting untuk menunjang keindahan masjid. Bisa kita pandang betapa nyaman dan indahnya jika motif dan warna selaras dengan desain masjid yang ada.

Sebelum anda membeli karpet masjid, lihat sejenak kembali desain masjid anda.


Warna apa yang dominan pada interior masjid, Selain itu apa saja ornamen yang ada.

Warna favorit yang sering dijadikan pilihan biasanya merah dan hijau.


Soal Warna, jika merah identik dengan kemewahan dan hangat. Sedangkan warna hijau identik dengan suatu yang elegan dan sejuk.


Selanjutnya untuk motif karpet terbagi menjadi 2 yaitu motif garis shaf dan motif badan karpet.

Motif shaf berupa motif bunga ulir ataupun minimalis, sedangkan untuk motif badan karpet berupa bintik ataupun polos.


Sebisa mungkin usahakan serasi dengan desain ruangan yang ada. Hal ini dilakukan agar hasil akhir nanti lebih terlihat estetik.


Nah jika masjid dalam tahap melakukan renovasi, bisa melakukan penyesuaian konsep sejak awal baik dari langit langitnya, dindingnya, hiasannya dan yang lainnya agar terlihat lebih pas dan serasi.


Selanjutnya Tempat Membeli Karpet


Benar sekali dimana kita membeli karpet menjadi suatu hal yang penting. Informasi tempat membeli karpet bisa didapatkan dari informasi langsung jamaah masjid, media internet ataupun orang-orang yang beerada sekitar masjid.


Toko yang terpercaya dan memiliki reputasi baik tentu akan menjaga kualitasnya dan memberikan harga yang terbaik untuk anda. Jangan segan bertanya untuk memastikan kebutuhan karpet, segala informasi tentang karpet agar mendapat hasil yang terbaik.


Toko Turkeykarpet bisa menjadi pilihan tepat untuk membeli karpet yang berkualitas bagus, dan menjadi alternatif masjid dan musholla yang tersebar di Indonesia yang sudah terpercaya sejak 2005.


Anda bisa mencari tahu bagaimana kata orang yang sudah membeli karpet di Juragan karpet. Dari segi harga bisa disesuaikan dengan budget masjid anda dan terdapat banyak bonus dan promo-promo menarik.


Pelayanan Saat Membeli


Semua bakal setuju jika pelayanan prima akan memberi kepuasan hati pelanggan. Karena itu pilihlah toko memberi pelayanan prima terhadap anda saat membeli karpet. Melalui pelayanan yang baik, penjual akan bisa memberikan saran terbaik pula terkait karpet, seperti apa yang diinginkan pembeli. Hal pelayanan saat membeli termasuk garansi produk dan tenaga pemasangan karpetnya.


Tips tip diatas bisa langsung anda praktekkan. Jangan ragu untuk bertanya dengan customer service toko karpet masjid yang terpercaya agar mendapat penawaran yang terbaik pula. Jika anda sedang mencari tempat membeli karpet masjid berkualitas dan terpercaya, anda bisa memilih kami Turkeykarpet sebagai solusi terbaik. Semoga harapan anda mendapatkan karpet masjid terbaik bisa terwujud.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page