top of page

Dekorasi Lantai Kayu di Rumah Minimalis

Turkeykarpet.com - Karena rumah dengan lantai kayu ingin mengambil konsep tradisional dan natural, maka dekorasi lantai kayu pun harus dipilih agar bisa mendukung konsep tersebut. Tentunya kita bisa saja mengkombinasikan lantai kayu dengan furniture modern.


Namun hasilnya akan terlihat kurang memuaskan karena ada dua konsep berlawanan dalam satu ruangan. Lalu apa saja furniture pendukung bila ingin membuat rumah minimalis dengan lantai kayu?


Sebenarnya jawabannya ada banyak dan sangat bervariasi, tergantung bagaimana kalian memvisualisasikan desain rumah tersebut. Namun jika kalian belum tahu ingin mendesain interior rumah seperti apa, kami akan berikan referensi dekorasi lantai kayu di rumah minimalis.


Dekorasi Lantai Kayu di Rumah Minimalis


Ada 7 jenis dekorasi lantai kayu yang akan kami rekomendasikan, yaitu:


Furniture Kayu


Furniture Kayu

Untuk mendukung lantai kayu di dalam ruangan, kita bisa menambahkan dekorasi berupa furniture-furniture kayu. Baik furniture yang dibuat oleh toko mebel tradisional, atau furniture modern yang dijual di toko kelengkapan rumah.


Furniture kayu akan meningkatkan kesan tradisional di rumah Anda berkali-kali lipat.


Namun satu hal yang perlu diperhatikan, jenis furniture ini akan membuat semua jenis elektronik terlihat mencolok. Oleh karena itu kami sarankan tempatkan furniture kayu di ruangan tanpa elektronik seperti ruang tamu.


Laci dan Rak


Laci dan Rak

Berikutnya adalah laci dan rak. Khusus untuk dekorasi satu ini, kita bisa menempatkannya dimanapun terlihat bagus.


Laci dan rak bisa ditaruh di ruang keluarga sebagai accent modern dalam desain interior ruangan tersebut. Bisa juga ditempatkan di kamar tidur atau ruang belajar agar sisi fungsionalitasnya bisa ikut dimanfaatkan selain sebagai dekorasi.


Selain itu, laci atau rak ini tidak perlu terbuat dari kayu dan tidak harus diisi dengan buku. Justru jika ingin menambah kesan natural, kalian bisa mendekor rak dengan tanaman hias indoor. Dengan begitu ruangan akan terasa semakin natural, sejuk, dan tentunya tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli buku sebagai dekorasi.


Karpet


Karpet

Karpet merupakan dekorasi lantai kayu yang akan berhubungan secara langsung. Sebab keduanya sama-sama ditaruh di lantai, jadi pengaruhnya akan sangat besar.


Fungsi penggunaan karpet untuk lantai kayu adalah untuk menutupi garis perpotongan di lantai dan membuat permukaan lantai terlihat lebih soft.


Jika kalian ingin membuat desain interior dengan konsep tradisional, pilihlah karpet permadani buatan Timur Tengah. Sebab desain karpet tersebut sangat khas dengan rumah jaman dulu di Indonesia.


Sedangkan jika ingin mengambil konsep minimalis modern, pilih saja karpet dengan bulu sintetis agar lebih mudah dibersihkan.


Kalian juga bisa melihat apa saja pilihan karpet lain yang cocok dengan lantai kayu di katalog Carpetshop.co.id.


Furniture dengan Warna Mencolok


Furniture dengan Warna Mencolok

Jika ingin mengurangi kesan terlalu tradisional di dalam rumah, kalian baru boleh menggunakan furniture berwarna mencolok, misalnya kuning, orange, dan merah.


Warna-warna ini bisa dipilih ketika membeli sofa, meja atau bangku di ruang makan, meja belajar, dan lain-lain.

Warna mencolok pada ruangan berlantai kayu punya peran sebagai accent colors. Artinya walaupun kecil, namun furniture dengan warna inilah yang akan menjadi fokus dari perhatian setiap penghuni rumah.


Jadi kita cukup mengaplikasikannya kepada dekorasi kecil seperti bingkai foto, pot tanaman hias, jam, atau dekorasi gantung lainnya


Variasi Parquetry


Variasi Parquetry

Parket kayu lantai juga bisa menjadi penghias agar lantai kayu tidak terlihat begitu flat, polos, dan membosankan. Namun, dekorasi yang satu ini perlu direncanakan sebelum rumah dibangun, bukan ketika rumah sudah jadi.


Kita memang bisa merenovasi parquetry dan menggantinya dengan pola baru. Namun harganya akan sangat mahal, sama saja seperti mengganti ubin rumah dengan lantai baru.


Tips membuat parquetry bervariasi namun tetap satu tema adalah pilih tema dengan pola yang mirip. Biasanya toko material punya koleksi pola parquetry untuk kamar tidur, ruang keluarga, dan dapur yang berbeda namun tetap matching.


Kitchen Set Modern


Kitchen Set Modern

Kitchen set modern dan lantai kayu adalah kunci dalam membuat rumah minimalis modern. Karena kebanyakan dapur di rumah minimalis menyatu dengan ruang keluarga, maka kita bisa menikmati dekorasi ini walaupun tidak sedang masak makanan.


Ada banyak jenis kitchen set modern yang bisa dipadukan dengan lantai kayu.


Namun agar lebih mudah, kalian bisa langsung menjelaskan ke perusahaan penjual kitchen set tentang bagaimana lantai di rumah Anda menggunakan lantai kayu. Nantinya mereka akan memilihkan kitchen set modern dengan unsur logam paling sedikit.


Sofa Tradisional


Sofa Tradisional

Terakhir, kita bisa memadukan sofa tradisional dengan lantai kayu. Sesuai dengan namanya, dekorasi terakhir ini akan meningkatkan unsur tradisional dalam interior ruangan tersebut.


Saat ini sudah banyak sofa tradisional yang nyaman, tidak keras, dan punya desain unik. Kalian bisa membelinya di toko mebel maupun di toko perlengkapan rumah tangga modern.


Jika mencari sofa di toko perlengkapan rumah modern, pilihlah jenis sofa yang kaki dan tangannya terbuat dari kayu. Sebab bila memilih yang terbuat dari logam, maka tidak akan serasi dengan konsep tradisional dari lantai di rumah Anda.


Ketujuh dekorasi lantai kayu ini juga bisa kalian kombinasikan satu dengan lainnya. Kuncinya adalah less is more, artinya semakin minimal dekorasi yang digunakan, maka hasilnya akan semakin bagus. Bila semua dekorasi di masukan, maka titik fokus dari ruangan tersebut tidak bisa ditentukan dengan baik, ruangan terasa sempit, dan duduk diam di dalamnya saja terasa melelahkan.

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page