top of page

Tips Memilih Warna Lantai Keramik Selain Putih!

Turkeykarpet.com - Memilih keramik warna putih tentu sudah jadi pilihan dasar semua orang di Indonesia, tapi bagaimana jika kami akan membagikan tips memilih warna lantai keramik selain putih?


Karena faktanya, keramik rumah tidak harus menggunakan warna putih saja. Kita bisa menyesuaikan warna keramik dengan tema desain interior, furniture, bahkan warna dari fasad dan eksterior rumah masing-masing.Bagaimana caranya? Mari kita cari tahu dalam artikel hari ini.


Untuk memilih warna lantai keramik rumah, kita bisa gunakan beberapa panduan di bawah ini.


Perhatikan Warna Mayoritas pada Ruangan

warna mayoritas pada ruangan

Lantai keramik akan menjadi warna mayoritas di dalam setiap ruangan. Oleh karena itu, kalian perlu tentukan dulu warna mayoritas apa yang ingin digunakan pada desain interior ruangan.


Sebagai contoh jika kita ingin mengambil nuansa industrial, maka mayoritas warna interiornya adalah abu-abu. Oleh karena itu lantai keramik berwarna abu-abu akan sepadan dengan tema dari arsitektur tersebut.

Sebaliknya jika Anda tidak ingin menggunakan warna accent pada desain interior untuk memfokuskan pandangan ke satu area ruangan, maka keramik di ruangan tersebut sebaiknya tidak menggunakan warna terlalu mencolok.


Pelajari Perbedaan Warm dan Cool Color beserta Dampaknya pada Ruangan

permbedaan warm dan cool color

Pasti kalian sering melihat kamar mandi dengan keramik berwarna biru. Mengapa desainnya dibuat seperti itu? Sebab, biru merupakan salah satu contoh warna dengan temperatur cool. Artinya, warna ini dapat memberikan dampak dingin dan sejuk ke ruangan tersebut. Sebaliknya, warna dengan temperatur warm akan memberikan dampak hangat ke ruangan.


Beberapa contoh lain dari warna bertemperatur cool adalah hijau, tosca, aquamarine, dan ungu. Sedangkan contoh warna bertemperatur warm adalah merah, pink dan kuning.


Memahami perbedaan dan dampak dari warm color dan cool color dapat memperkuat suasana yang dirasakan di setiap ruangan. Seperti misalnya kita ingin membuat dapur terasa lebih hangat karena akan ada banyak uap dari masakan, maka dari itu gunakanlah keramik dengan warna warm.


Gunakaan Warna yang Sama dengan Dinding pada Ruangan Sempit


Khusus untuk ruangan sempit, menggunakan keramik dengan warna yang sama dengan warna dindingnya bisa membuat ilusi sehingga ruangan tersebut terasa lebih luas. Metode ini juga sering digunakan dalam mendesain kamar mandi, khususnya jika ukuran toilet di rumah kita sangat kecil.


Warna yang digunakan pun tidak harus sama persis. Kita bisa mengubah luminosity atau value dan saturasi antara keramik dan dinding.


Sebagai contoh, dinding kamar mandi yang dicat menggunakan warna biru cerah bisa dipadukan dengan keramik berwarna biru muda, tosca, atau aquamarine. Begitu juga dengan ruangan berdinding tosca bisa dipadukan dengan keramik berwarna hijau daun atau hijau mudah.


Pilih Keramik dengan Tekstur


Tips memilih warna lantai keramik berikutnya bisa diaplikasikan jika kalian tidak suka warna polos pada lantai. Sebab, sekarang ada banyak keramik dengan berbagai macam pilihan tekstur dan pola, mulai dari pola kayu, laut, batu, dan masih banyak lagi.Tekstur-tekstur ini juga bisa membantu memaksimalkan desain interior rumah kita. Sebagai contoh, jika ingin mendesain rumah gaya tradisional, kita bisa pilih keramik berwarna coklat dengan tekstur kayu.


Sehingga ruangan bisa terlihat natural tanpa harus menggunakan lantai kayu asli, yang mana sulit untuk dibersihkan dan perawatannya butuh biaya lebih mahal.


Pilih Warna Abu-abu


Tips memilih warna lantai keramik selain putih yang terakhir dan paling cepat adalah langsung pilih warna abu-abu saja.


Warna abu-abu merupakan jalan pintas dan cepat untuk kalian jika ingin membuat rumah tipe minimalis modern tapi tidak membosankan. Selain itu, pilihan warna abu-abu pun sebenarnya ada banyak. Mulai dari light grey, half tone, dark grey, dan pilihan lainnya dari tingkat kecerahan warna tersebut.

Tips memilih warna lantai keramik ini bukan hanya bisa kita aplikasikan ketika sedang mendesain rumah sendiri. Justru, keramik selain warna putih akan berdampak lebih besar jika dipakai di rumah makan, coworking space, kantor, atau tempat-tempat yang dikunjungi masyarakat umum lainnya.


Dan di ata keramik, Anda bisa menambahkan karpet supaya lebih hangat dan meminimalisir kecelakaan. Karpet berkualitas premium bisa didapatkan hanya di turkeykarpet.com

23 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page