top of page

Gunung Semeru Erupsi, Hujan Abu Vulkanik dan Kerikil di Lumajang

Gunung Semeru erupsi. Semeru erupsi diperkirakan terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Selain hujan abu dan hujan air di sekitarnya, juga terjadi hujan kerikil. Itu dirasakan warga yang berada di sekitar aliran lahar Semeru.

gunung semeru erupsi

"Iya, tadi sempet hujan kerikil. Sakit semua badan dan kepala ini," kata Heri, salah satu warga Desa Supit Urang saat dihubungi, Sabtu (4/12/2021).


Dia mengaku peristiwa itu terjadi saat dirinya melihat penambang pasir di Curah Kobokan. Saat itu banyak penambang pasir berada di lokasi.


Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Dua Kecamatan di Lumajang Gelap Gulita

"Semua berteriak hujan kerikil-hujan kerikil, ayo berlindung, ayo pergi," kenangnya.


Warga yang berada di tengah lapangan itu tampak berlarian dan menaiki kendaraan yang ada di depannya. Di antaranya sepeda motor, pikap dan truk.


Selain hujan kerikil tubuh warga juga bermandikan lumpur. Tubuh mereka dari ujung rambut hingga ujung kaki dipenuhi lumpur. Bahkan jalan-jalan di sekitar lokasi tampak tertutup lahar dingin. Begitu juga warga yang tidak sempat menyelamatkan diri tampak basah kuyup akibat diguyur hujan lumpur.


"Ya Alloh, Ya Alloh, ayo berlindung, selamatkan kami," teriak warga yang berlarian mencari tempat berlindung.


Dari pantauan, warga yang merasakan hujan kerikil dan mandi lumpur tampak membawa payung dam jas hujan melindungi tubuhnya. Sekujur tubuhnya tampak dipenuhi lumpur. Sedangkan warga yang sudah berada di tengah jalan, memilih berteduh dari hujan kerikil dan lumpur.


Informasi yang dihimpun, gumpalan awan pekat tampak turun dari Semeru itu karena tebalnya material vulkanik dan awan panas yang mengalir di Sungai Kobokan, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.


Pos Pantau Gunung Sawur melaporkan adanya Awan Panas Guguran (APG) yang turun mengarah Curah Kobokan. Warga diimbau agar tidak mendekati area-area yang membahayakan dan berisiko.


Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan dampak Semeru erupsi ini membuat dua kecamatan di Lumajang kondisinya gelap gulita. Dia menambahkan kondisi erupsi saat ini lebih besar dibanding tahun 2020 lalu.


"Dibanding tahun 2020 lalu, erupsi tahun ini lebih besar," tambahnya.


Sumber: detik.com

40 tampilan3 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

3 comentários


ifsyalatifaq
ifsyalatifaq
04 de dez. de 2021

Semoga bisa kembali semula seperti sedia kala . thanks you beritanya min .turut berduka 😢😥

Curtir

Rizky Alfadil
Rizky Alfadil
04 de dez. de 2021

Mudah mudahan, semua bisa kembali seperti sedia kala, Terimakasih beritanya min ( turut

Curtir
Fadlan Minallah
Fadlan Minallah
04 de dez. de 2021
Respondendo a

aaminn semoga ya kak, terimakasih atas komentar positifnya


Curtir
bottom of page