top of page

Karpet Berjamur? Tenang! Ini Cara Mudah Menghilangkan Jamur Pada Karpet

Turkeykarpet.com - Keberadaan jamur di rumah ternyata bisa menimbulkan masalah lho. Pasalnya, organisme ini dapat merusak semua permukaan dimanapun jamur ini berada, termasuk karpet kesayangan Anda.

Membersihkan Karpet Berjamur

Bahan dasar karpet yang terbuat dari serat ternyata sangat mudah dihinggapi oleh jamur. Yang lebih parahnya lagi, organisme satu ini bukan hanya hinggap tetapi juga merusak karpet Anda dengan menggerogoti serat karpet dan sulit untuk dihilangkan. Bukan hanya itu, jamur juga bisa menyebabkan bau tak sedap yang bisa mengganggu kesehatan, terutama bagi Anda yang memiliki alergi, asma, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Oleh sebab itu, Anda tidak boleh menganggap remeh permasalahan jamur pada karpet Anda. Nah, berikut ini turkeykarpet.com rangkumkan panduan untuk menghilangkan jamur pada karpet yang dilansir dari Cleanipedia UK.


Kenakan Perlengkapan Pelindung Tubuh

Hal paling pertama yang wajib Anda lakukan adalah menggunakan perlengkapan untuk melindungi tubuh Anda. Perlengkapan seperti pakaian pelindung, kacamata, dan masker wajah harus Anda gunakan mengingat spora bisa ikut tersebar saat Anda mencoba menghilangkan jamur. Tentu saja hal tersebut tidak baik bagi kesehatan apabila Anda menghirupnya.


Tutup Pintu dan Jendela

Pastikan Anda tidak lupa untuk menutup pintu dan jendela ketika membersihkan karpet diluar untuk mencegah jamur yang bertebaran memasuki bagian rumah lainnya.


Keringkan Karpet

Karpet yang sering dilewati oleh penghuni rumah biasanya memiliki kondisi yang lembab. Kelembaban inilah yang menyebabkan karpet menjadi terkena jamur. Untuk itu, jika Anda ingin membersihkannya, Anda terlebih dahulu harus mengerikan bagian karpet yang lembap. Anda bisa mengeringkan karpet dengan menggunakan kipas angin atau menjemurnya di bawah sinar matahari yang cerah dan biarkan mengering sendiri selama 48 jam.

Sikat Karpet

Setelah karpet Anda dalam kondisi kering, bersihkan kotoran jamur pada karpet yang ada di bagian depan maupun belakang karpet dengan menggunakan sikat kaku. Sikat hingga tidak nampak lagi jamur, lalu vakum atau bersihkan semua area menggunakan uap.


Menyemprotkan Produk Antijamur

Selanjutnya yang penting untuk Anda lakukan adalah menyemprotkan produk antijamur pada karpet. Pastikan Anda menyemprotkan produk antijamur ke semua permukaan karpet, baik bagian dalam maupun luar, dan pastikan produk antijamur yang Anda semprotkan ini meresap hingga ke serat karpet. Kemudian sikat kedua bagian karpet dan biarkan hingga karpet mengering.


Bersihkan Lantai

Jamur juga bisa berkembang biak di lantai yang lembap dan kotor seperti pada lantai di bawah karpet. Oleh sebab itu, bersihkan dahulu lantai pada bawah karpet hingga bersih dan biarkan mengering. Setelah itu baru Anda semprotkan produk antijamur ke lantai dan biarkan hingga mengering.


Nyalakan Dehumidifier

Dehumidifier berfungsi mengurangi kelembapan di dalam ruangan. Menyalakan dehumidifier merupakan langkah terakhir dalam membasmi jamur di karpet Anda. Tujuan menyalakan dehumidifier di dalam ruangan selama beberapa hari adalah untuk menghilangkan spora yang tersisa.


Bagaimana? Mudah kan. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karpet kesayangan Anda dihinggapi jamur.

Selain menjaga karpet dan merawatnya secara intensif agar tak terkena jamur, tidak ada salahnya lho untuk memiliki beberapa pilihan karpet yang bisa Anda simpan untuk dipakai kapanpun Anda inginkan. turkeykarpet.com menyediakan berbagai pilihan Karpet dengan motif, warna dan ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan di rumah Anda.

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page