top of page

Warna Kamar Tidur dan Pengaruhnya Terhadap Psikologis

Turkeykarpet.com - Tahukah Anda bahwa warna ternyata memiliki pengaruh terhadap psikologi manusia? Ya, ternyata sebuah warna bisa mempengaruhi mood serta emosi seseorang.

Dalam dunia desain interior, warna juga menjadi salah satu elemen yang penting. Penggunaan warna pada sebuah interior mampu menciptakan kesan dan suasana tertentu.


Warna Pada Kamar Tidur

Hal seperti ini berlaku untuk setiap ruangan di dalam rumah. Misalnya saja, Anda ingin mencari warna yang sesuai untuk kamar tidur. Sebagai ruangan yang fungsi utamanya untuk beristirahat, tentu Anda ingin merancang kamar tidur senyaman mungkin.


Tak jarang untuk mendapatkan kenyamanan tersebut, banyak orang memilih menggunakan warna favoritnya sebagai warna pada interior kamar atau menggunakan beberapa furniture dengan warna yang disukai.


Dilansir dari Liputan6, berikut adalah efek psikologis dari warna-warna pada kamar tidur Anda.


Hijau

Kamar berwarna hijau akan memberikan nuansa natural, sehingga terasa segar dan bersemangat. Mereka yang menyukai warna hijau cenderung berjiwa positif.

Hijau juga memberikan efek menenangkan, sehingga menciptakan suasana tidur yang nyaman. Mereka yang terbangun di kamar bernuansa hijau akan merasa lebih sehat dan segar ketika bangun pagi. Bahkan kabarnya warna hijau juga mampu menstimulasi otak anak agar semakin kreatif.


Biru

Menurut Chris Idzikowski dari Edinburgh Sleep Centre, mereka yang mengecat dinding kamarnya dengan warna biru cenderung lebih nyenyak saat tidur, sehingga ada perasaan nyaman dan ceria saat bangun pagi. Warna biru juga menunjukkan kepribadian yang santai, tenang, dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.


Kuning

Meski jarang digunakan untuk kamar tidur, sebenarnya warna kuning dapat membantu mengurangi penat dan memberikan efek semangat saat bangun di pagi hari.

Penyuka warna kuning juga lebih ceria dan hobi bersosialisasi. Sayangnya, warna kuning kadang membuat seseorang ingin tetap beraktivitas meski sudah berada di dalam kamar, misalnya bermain game di gadget, sehingga mengganggu kualitas tidur.


Merah

Warna merah menampilkan sensualitas. Selain itu jika Anda menggunakan warna ini untuk mayoritas dinding di dalam kamar, bisa menimbulkan perasaan gembira dan semangat yang berlebihan.

Namun, jika Anda memang penyuka warna merah, Anda bisa mencoba untuk mengaplikasikan warna merah hanya pada karpet, atau salah satu sarung bantal. Terlalu banyak warna merah juga akan membuat Anda susah tidur karena merasa suasana di kamar tetap terang.

Oh ya, ternyata penggemar warna merah seringkali memiliki sifat yang cukup ambisius lho.


Cokelat

Jika Anda ingin mengecat ruangan tidur dengan warna cokelat, sebaiknya pilih warna cokelat muda bukan cokelat tua. Pasalnya cokelat tua menimbulkan rasa santai yang berlebihan, sehingga Anda menjadi malas beranjak. Sebaliknya, cokelat muda meningkatkan sisi romantis dan dan rasa nyaman saat Anda berada di dalam kamar.


Putih

Sekilas putih mungkin dianggap menenangkan, padahal warna putih memberikan kesan monoton lho. Tak heran jika Anda pun sering membawa pekerjaan ke rumah dan mengerjakannya di dalam kamar karena menganggap tak ada perbedaan antara warna kamar dengan ruang kerja.


Ungu muda

Inilah warna yang cocok jika Anda ingin melakukan meditasi dan yoga sebelum tidur. Ungu melambangkan spiritualitas, sehingga memberikan efek menenangkan bagi pikiran Anda. Usai bermeditasi, Anda pun akan tidur lebih nyenyak karena meditasi melancarkan peredaran darah Anda.


Nah bagaimana Sahabat Turkeykarpet? Apa warna yang paling cocok untuk kamar tidur Anda? Eits, jika Anda belum yakin mengubah warna kamar tidur Anda, tidak perlu khawatir lho. Anda bisa lebih dulu mencoba untuk menggunakan furniture di ruangan tidur Anda dengan warna yang Anda mau. Partnership : www.hjkarpet.com

15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page