top of page

Karpet Talang, Fungsi dan Cara Pemasangannya!

Turkeykarpet.com - Karpet talang merupakan saluran air di atas atap rumah, yang ditutup menggunakan alas plastik.


Karpet Talang

FUNGSI KARPET TALANG


Manfaat utama dari karpet talang adalah untuk menampung air hujan yang jatuh di bagian atap, untuk kemudian dialirkan ke bawah.


Dengan adanya material tersebut, air tidak akan langsung jatuh ke tanah ketika selesai menuruni atap. Percikan air pun tidak akan membasahi dinding.


Selain memiliki fungsi, karpet talang juga bisa jadi elemen estetika. Bagian eksterior rumah, tepatnya di area dinding dan bagian bawah atap, akan lebih menarik dengan adanya material tersebut.


Karpet talang bahkan bisa dijadikan elemen untuk memunculkan visual jeda bagi bangunan rumah yang memiliki ukuran besar dan lebarnya lebih dari 10 meter. Adanya visual jeda sendiri akan membuat tampilan dinding dan elemen lain tidak terlalu polos.


Karena berfungsi menampung air dan ditempatkan di bagian luar rumah, bahan untuk karpet talang haruslah terbuat dari material yang bersifat tahan air, tahan lama, dan anti karat.


Dalam merawat karpet talang, Anda diharuskan untuk segera melakukan perbaikan jika material ini mulai terlihat rusak. Biasanya, penyebab kerusakan sendiri dikarenakan digerogoti tikus, lapuk, dan permukaan dasar dari talang kotor. Maka dari itu, jika jika dibiarkan terlalu lama, kerusakan akan bertambah parah.


Karpet talang juga bisa rusak karena proses pemasangan awal yang tidak sempurna. Maka dari itu, teknik pemasangan talang harus diperhatikan dengan cermat, agar bisa dijadikan sebagai penampung yang sempurna ketika air hujan turun, dan tetap mengalir tanpa menimbulkan masalah.


CARA PEMASANGAN KARPET TALANG


1. Pasang Kerangka Talangnya Terlebih Dahulu


Pemasangan Karpet Talang

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memasang rangka talang terlebih dahulu. Ukur dan buatlah rancangan garis tata letak talang dengan memakai kapur garis.


Talang harus dipasang menurun ke sudut bawah agar air bisa mengalir lancar ke pipa. Tentukan titik awal dan titik tertingginya kemudian titik ujung dimana lokasi pipa vertical berada.


Setelah selesai mengukur maka buatlah rangka dari bahan kayu. Kerangka kayu ini dipakai untuk menompang karpet genteng sehingga terpasang pas.


2. Pastikan Terpasang Pas


Dalam memasang talang air lakukan dengan memiringkannya ke atas hingga ujung belakang talang terpasang pas ditempatnya.


Ada baiknya lapisi talang dengan potongan aluminium tipis untuk menjaga kebocoran air dari keretakan kecil.


Lanjutkan pasang pipa vertical pada talang dengan penyambung pipa.Kemudian rekatkan setiap kelim sambungan talang dengan sealant dan tunggu hingga kering. Untuk mengecek apakah talang terpasang dengan baik atau tidak maka ada baiknya anda mencoba mengalirkan air.


3. Hamparkan Karpet Talang


Setelah talang air terpasang pas selanjutnya anda tinggal memasang karpet genteng. Untuk memasang karpet genteng cukup dengan menghamparkannya diatas rangka kayu serapi mungkin.


Setelah terpasang pada posisi yang pas selanjutnya rekatkan dengan lem maupun memasang paku. Jika anda memakai lem sebagai perekatnya maka pilihlah lem laut yang biasa dipakai untuk daerah yang mudah lembab. Lem tertentu bahkan bisa bekerja dengan baik walau suhu sangat panas ataupun dingin.


4. Lakukan Testing


Langkah terakhir dalam memasang karpet genteng ialah mencobanya. Untuk mengetesnya sangatlah mudah sama halnya dengan mengetes saluran talang air tadi.


Anda cukup mengalirkan air kemudian pantau apakah terjadi rembesan atau kebocoran atau tidak. Apabila air tidak merembes dibagian bawah maka karpet genteng anda terpasang dengan baik. Lanjutkan dengan merapikannya dan tutupi area pinggir karpet tersebut.


5. Pasang Genteng


Meskipun sudah menggunakan karpet genteng bukan berarti pemasangan genteng anda asal-asalan. Ada dua jenis material genteng yang digunakan yaitu genteng drai tanah liat dan genteng metal.


Untuk memasang genteng dari metal usahakan keringannya antara 20-30 derajad. Untuk mengikatnya gunakan paku ulit diatas sayap nok bagian samping. Untuk pemasangan genteng dari tanah liat karena pemasangannya per baris maka susun serapi mungkin.


Pastikan genteng tanah liat yang dipakai tidak retak atau pecah sehingga mampu mengindikasikan kebocoran di kemudian hari. Selanjutnya aplikasikan cat waterproof ke permukaan genteng untuk mencegah terjadinya rembesan air dan kebocoran.


Nah mudahkan memasang karpet genteng sendiri? Jika anda masih pemula sangat disarankan untuk didampingi yang sudah ahli untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan


Sumber : AnekaBangunan dan Home

15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

留言


bottom of page