top of page

Panduan Lengkap Memilih Karpet Lantai Berikut Bahan, Jenis dan Fungsinya

Turkeykarpet.com - Jika di ruangan rumahmu memakai karpet, kamu coba perhatikan saja suasananya pasti akan berbeda dibandingkan dengan tidak ada karpet.Itu karena karpet adalah satu dari sekian elemen dekorasi yang bisa untuk dukung tampilan interior.Namun, kamu jangan sampai asal dalam memilih dan meletakkan karpet di ruangan rumah.


Motif, ukuran, bahan karpet serta yang lainnya akan berpengaruh pada suasana rumahmu.Tips memilih karpet lantai akan dibahas di sini. Penasaran? Mari simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini!


Semua yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Karpet


tips membeli karpet

Faktanya, jika dilihat dari bahan serta ukuran yang dipakai, karpet punya beragam model.Apabila kamu bingung, ada beberapa poin dalam cara memilih karpet untuk buat suasana interior dan ruangan menjadi lebih baik.


Menyesuaikan Ukuran Karpet Menurut Penempatannya


Tips Membeli Karpet

Memilih ukuran karpet ideal dapat dikatakan susah-susah gampang. Karpet yang ukurannya terlalu kecil akan timbulkan kesan tak hangat.Namun, jika ukurannya terlalu besar, bisa membuat ruangan mempunyai kesan yang penuh dan sempit.Tapi, tak perlu bingung dan khawatir, kamu bisa untuk pakai rekomendasi ukuran karpet lantai berikut:



Karpet ukuran ± 150 cm x 200 cm Karpet dengan ukuran ini cocok jika kamu ingin menempatkannya di depan sofa.Kamu bisa memilih karpet yang ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan sofa, misalnya jika ukuran sofa di ruangan adalah 130 cm, kamu bisa pilih karpet dengan ukuran 150 cm atau bahkan 140 cm.



Karpet ukuran ± 200 cm x 250 cm Karpet ukuran ini cocok jika kamu ingin menempatkannya di depan sofa.Kamu bisa memilih karpet yang ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan sofa, misalnya jika ukuran sofa di ruangan adalah 130 cm, kamu bisa pilih karpet dengan ukuran 150 cm atau bahkan 140 cm.



Karpet ukuran Ukuran ± 185 cm Karpet ukuran ± 185 cm ini cocok untuk kamu letakkan di samping tempat tidur karena akan membuatnya terlihat seimbang dengan panjang dari tempat tidur.Ukuran ini sempurna sekali jika kamu letakkan depan lemari untuk berikan ruang ketika kamu ganti pakaian. Selain itu, bisa dipakai untuk ruang tamu mungil.


Memilih Material Karpet Sesuai dengan Lokasi dan Iklim



Ada banyak bahan yang dipakai dalam membuat karpet. Maka dari itu, tak semua bahan karpet cocok untuk ditempatkan pada setiap lokasi.Kamu bisa simak penjelasan berikut untuk lebih jelasnya.



Karpet dengan bahan sejuk


Misalnya katun, cocok untuk digunakan di lokasi yang suhu udaranya panas.Daerah yang cocok memakai karpet katun ini adalah daerah dataran rendah ataupun di daerah yang lahan hijaunya minim.



Karpet dengan bahan hangat


misalnya wol, cocok untuk dipakai di lokasi yang suhu udaranya dingin. Karpet lantai tebal ini cocok dipakai di daerah-daerah dataran tinggi atau pegunungan.Selain wol, bahan karpet lain yang cocok untuk lokasi bersuhu dingin adalah quilt, flaner dan bulu.




Karpet dengan bahan microfiber dan denim


Karpet dengan bahan ini cocok untuk dipakai pada semua lokasi.Microfiber bisa untuk digunakan pada daerah yang dingin ataupun panas karena punya sifat yang tak lengket dan lembut.Selain itu, bahan denim punya tekstur yang cocok pada tiap lokasi.


Pilih yang Bisa untuk Dicuci Memakai Mesin ataupun Manual


Mencuci barang yang besar dan tebal seperti karpet lantai tentunya susah.Untuk memudahkannya, kamu bisa memilih produk karpet yang bisa dicuci secara manual ataupun menggunakan mesin cuci.Karpet yang bobotnya ringan akan lebih mudah untuk dicuci dengan mesin cuci.Lalu juga periksa apakah karpet bisa dan boleh untuk dikeringkan menggunakan pengering.


Pilih Karpet Sesuai Kebutuhan



Kamu bisa memilih karpet sesuai fungsinya. Pilihlah tiper karpet yang sudah disesuaikan dengan kebutuhanmu.Misalnya kamu bisa pilih karpet anti selip untuk diletakkan pada area rumah yang kerap dilalui, seperti sofa, tempat tidur dan area yang tak diisi perabot.Lalu kamu bisa pilih karpet yang kedap suara dan aman bila punya anak kecil di rumah.


Kamu bisa cek dahulu apakah karpet sudah lulus tes keamanan serta bebas dari formalin.Bila kamu tinggal di rumah susun ataupun apartemen, karpet dengan bantalan empuk serta kedap suara sangat direkomendasikan karena mampu redam suara.Kemudian, kamu bisa memilih karpet anti noda bila memiliki hewan peliharaan di rumah.


Karpet dengan bahan yang anti bau, anti bakteri, serta anti kutu dapat kurangi bau serta kotoran.Selain itu, kamu bisa pilih karpet dari bahan kaku dan serat pendek karena akan mudah disikat serta tak mudah untuk tergores dengan kuku hewan peliharaanmu.


Menemukan desain warna dan bentuk yang menarik untuk membuat interior lebih cantik.



Sebagai salah satu elemen dekorasi ruangan, karpet dapat dipakai untuk dukung tampilan interior.Maka dari itu, sangat penting untuk perhatikan bentuk dan warna karpet yang dipilih.Misalnya, kamu bisa pilih karpet dengan bentuk bulat dan punya kesan lembut, cocok untuk diletakkan pada kamar perempuan.Sedangkan jika kamu pilih karpet dengan bentuk persegi panjang bisa diletakkan pada segala ruangan.


Mengetahui Jenis-Jenis dari Karpet Lantai


Ada banyak jenis dari karpet lantai. Itu bahkan dibedakan berdasarkan dari beberapa hal seperti ruang, bahan, motif, hingga konstruksinya.Nah, untuk mengetahui apa saja jenis karpet lantai, berikut pembahasannya untuk kamu:


Karpet Lantai Menurut Ruang



Karpet Area Rumah


Karpet area rumah merupakan jenis karpet yang berdasarkan dengan ruang, Karpet ini dapat berguna untuk semua ruangan di rumah, apalagi pada bagian interior ruang tamu, ruang keluarga, dan yang sifatnya dekoratif.Biasanya karpet ini terdiri dari berbagai macam bahan, bentuk, motif, dan pola.


Karpet Outdoor



Karpet outdoor ini mempunyai sifat yang tahan terhadap medan, cuaca, dan kotoran.Karpet lantai yang satu ini biasanya ditemukan pada teras rumah, halaman rumah, dan dek guna mempercantiknya.


Karpet Runner



Karpet ini seperti namanya memang didesain untuk tutupi area yang memiliki bentuk memanjang.Karpet ini kerap dipakai untuk tutupi area transisi ruangan satu dengan ruangan yang lainnya ataupun koridor.


Karpet Lantai Anak



Karpet ini hadir untuk temani aktivitas anak di ruang bermain ataupun ruang istirahat. Biasanya memiliki pola lucu dan warna-warni.Karpet ini berfungsi lindungi si kecil dari keras dan kecilnya lantai.


Karpet Dapur



Karpet ini untuk dapur. Gunanya untuk lindungi lantai dari air, kotoran, dan percikan minyak sehingga dapur lebih aman.


Karpet Kamar Mandi


Karpet kamar mandi ini ada dua jenis, yaitu karpet yang punya permukaan lembut dan dapat serap air, dan karpet agak tebal yang biasanya diletakkan pada area kering dalam kamar mandi.Lalu yang kedua, karpet antislip yang umumnya terbuat dari material karet dan kerap diletakkan pada area basa kamar mandi dekat dengan bathtub atau shower.


Karpet Ruang Tamu dan Ruang Keluarga


Kamu sebenarnya cenderung lebih bebas dalam memilih jenis karpet untuk dua ruangan ini.Kamu hanya perlu fokus ke karpet yang mudah untuk dibersihkan dan dirawat karena biasanya cepat kotor, kedua ruangan ini merupakan ruang yang kerap dipakai di rumah.


Karpet Kamar Tidur



Karpet kamar tidur sebaiknya tak menggunakan warna yang gelap dan tidak bermotif.Tujuannya adalah supaya suasana yang menenangkan dapat tercipta sehingga membuatmu mudah untuk terlelap.


Karpet Lantai yang Berdasarkan dari Bentuknya


Karpet Persegi atau Petak


Ini adalah bentuk karpet lantai yang paling umum.Karpet ini termudah untuk disesuaikan dengan bentuk ruangan-ruangan dalam rumah, misalnya saja untuk ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, serta kamar tidur.


Karpet Sabit


Karpet yang satu ini mempunyai bentuk sabit dan kerap diletakkan pada sisi depan pintu.Biasanya memiliki fungsi jadi lap kaki yang sekaligus tambah akses cantik pada depan ruangan.


Karpet Oval atau Bulat



Karpet bulu dengan bentuk ini sering jadi pusat perhatian pada interior rumah.Biasanya karpet bulat mempunyai bentuk yang cantik sehingga diletakkan pada ruang makan ataupun ruang keluarga.


Karpet Tile


Bentuk dari karpet ini hampir sama dengan keramik atau ubin dengan warna dan garis yang berkesinambungan.Bentuknya punya kesan elegan dan sederhana. Umumnya jenis karpet ini diletakkan pada ruangan yang luas seperti ruang pertemuan, ballroom, dan lain sebagainya.


Karpet Meteran



Karpet jenis ini dijual dalam bentuk meteran dengan ukuran yang dapat untuk disesuaikan kebutuhanmu.Umumnya karpet ini ditemukan pada tempat ibadah, untuk dijadikan ibadah maupun acara-acara tertentu lainnya.


Karpet Permadani



Karpet jenis ini kerap ditemukan pada ruangan santai, misalnya kamar tidur serta ruang keluarga.Biasanya juga karpet ini digunakan untuk membuat ruangan tampak lebih cantik dan sebagai alas duduk supaya lebih hangat dan santai.


Karpet Lantai yang Berdasarkan dengan Bahan


Karpet Wol


Karpet lantai dari bahan ini merupakan salah satu yang terbaik dan populer. Karpet ini punya sifat serat alami sehingga lebih tahan pakai dan lembut.Keunggulan yang lain dari karpet bahan ini adalah tidak mudah bernoda, mudah untuk dibersihkan, serta punya ciri yang nyaman dan mewah.Umumnya karpet wol dipakai di ruangan yang kerap dipakai lalu lalang, misal ruang makan dan ruang keluarga.Kamu harus hindari pemakaian karpet ini pada daerah yang lembab karena akan membuat warna mudah pudar dan karpet juga mudah berjamur.


Karpet Katun


Harga rata-rata karpet lantai ini lebih murah dibandingkan dengan karpet berbahan wol, tapi biasanya tak semewah dan tak setahan karpet wol.Karpet ini cocok untuk digunakan pada area yang umum seperti dapur ataupun ruang foyer.


Karpet Kulit Hewan



Karpet yang terbuat dari kulit hewan ini merupakan barang cantik dan mewah, memiliki nilai yang tinggi dan pastinya menggoda.Umumnya karpet jenis ini dibanderol dengan harga tinggi karena cukup sulit untuk didapatkan dan punya keunikan.Karpet ini kerap jadi elemen dekorasi yang menarik perhatian pada ruangan.Namun, kamu perlu berhati-hati pada penataannya supaya, kamu sebaiknya tak meletakkannya pada ruangan lembab karena dapat rusak.


Karpet Sutra


Karpet yang satu ini mempunyai tekstur yang lembut, halus, serta corak warna yang kuat, dan berikan kenyamanan tinggi.Harga karpet ini termasuk salah satu yang paling mahal, cocok untuk kamu yang suka nilai estetik pada ruangan.


Karpet Akrilik


Karpet ini hampir menyerupai karpet wol serta cukup banyak dijadikan sebagai alternatif pilihan karena harganya yang lebih murah.Bedanya dari karpet wol adalah karpet ini dari bahan sintetis. Jenis karpet ini tak mudah untuk lembap, tak mudah untuk berjamur, mudah dalam perawatannya, dan awet.


Karpet Polipropeline


Jenis karpet yang satu ini cocok untukmu yang terbatas pada dana. Karpet ini terbuat dari bahan sintesis dengan tekstur halus.Polipropeline merupakan material plastik dengan permukaan dibersihkan menggunakan air.Namun, karpet dari material ini warnanya cenderung mudah memudar serta anyaman benangnya mudah terlepas.


Karpet Nilon


Bahan nilon populer dengan bahan yang tahan noda, tahan jamur, tahan lumut, sampai tahan lama.Karpet nilon pun mudah untuk dipindahkan dan dibersihkan.Harga dari karpet nilon termasuk murah serta banyak dipakai pada gedung perkantoran.


Karpet Kulit


Karpet dengan bahan organik ini punya tekstur yang lembut. Karpet ini berikan rasa dan kesan hangat untuk ruangan.Karpet kulit sapi dan domba merupakan yang terpopuler saat ini untuk digunakan.Namun, kamu perlu hati-hati dalam memakai karpet ini karena termasuk mudah untuk kotor, tapi sulit dibersihkan.


Karpet Sisal


Bahan karpet yang satu asalnya dari tumbuhan. Biasanya, karpet ini dipakai untuk menjadi lapisan ataupun tangga rumah supaya tak licin.Karpet ini tak bisa untuk dicuci dengan memakai air serta cukup untuk kamu bersihkan memakai penyedot debu.


Karpet Berber


Ini adalah karpet dengan jenis loop-pile yang dibuat menggunakan benang rajut.Materialnya berat dan karpet ini cocok diletakkan pada ruangan atau lokasi yang jarang untuk dilakukan bongkar pasang.Paling tepat karpet ini dipakai pada ruangan yang las, seperti kamar tidur, ruang makan, dan ruang keluarga.


Karpet Saxony


Karpet ini bahannya dari benang rajut dengan tekstur yang berpilin.Ini pastinya membuat karpet mempunyai kesan yang elegan serta nyaman untuk diinjak.Karpet Saxony ini cocok untuk kamu letakkan pada ruang keluarga, ruang makan, serta kamar tidur.Jenis ini adalah yang punya ketebalan lebat dan tekstur lembut.


Karpet Lantai Berdasarkan Konstruksi


Berumbai atau Cut Pile/Tuflen


Biasanya karpet ini dibuat dengan mesin dan punya bulu.Karpet ini juga disebut dengan nama karpet bulu yang punya tekstur seperti rambut ataupun tanpa dianyam.


Dianyam atau Loop Pile



Karpet jenis ini dianyam atau bulunya menyambung.Karpet ini ada yang dibuat dengan menggunakan mesin serta ada yang disulam memakai tangan.


Karpet Lantai yang Berdasarkan Motif


Modern


Karpet modern umumnya punya motif yang lebih sederhana, tapi berikan kesan yang elegan.Karpet ini biasanya padukan unsur warna dan garis untuk ciptakan suasana yang selaras dan imbang.


Klasik


Motif karpet ini kental unsur seni dengan hiasan di pinggirannya yang banyak. Misalnya seperti permadani Persia.


Ragam dari Ukuran Karpet Lantai


Karpet lantai yang dijual di pasaran banyak jenis dan ukurannya. Jika kamu ingin untuk beli karpet sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan dari ruangan.Karpet yang mempunyai fungsi yang lebih ke pemanis ruangan, umumnya sudah punya ukuran tersendiri, contoh ukuran 400 cm x 600 cm, 200 cm x 300 cm, dan 120 cm x 170 cm.


Selain itu, ada pula karpet gulungan atau meteran yang punya lebar maksimal 4 meter serta panjang yang bervariasi, misalnya panjang 40 meter, 35 meter, 25 meter dan lain sebagainya.Untuk ketebalan dari karpet biasanya setinggi 13 mm. Lalu untuk karpet tile mempunyai ukuran biasanya 90 cm x 90 cm, 60 cm x 60 cm, dan 50 cm x 50 cm.


Nah, demikian pembahasan artikel ini mengenai cara memilih karpet lantai dan berbagai jenisnya yang ada di pasaran.Jadi, apakah kamu sudah tentukan karpet yang ideal untuk dipilih?

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

ความคิดเห็น


bottom of page