top of page

Inspirasi Mushola Minimalis Namun Tetap Cantik Di Dalam Rumah

Turkeykarpet.com - Bagi sebagian orang, beribadah dirumah bisa dilakukan diruangan manapun yang dirasa nyaman. Misalnya, sholat di dalam kamar sudahlah cukup karena dinilai sudah cukup memiliki privasi dan dapat beribadah dengan tenang.


Musholla Minimalis dalam Rumah

Namun bagi sebagian lainnya, mushola dalam rumah merupakan sebuah ruangan penting yang harus ada. Bahkan, keberadaan mushola dalam rumah bisa jadi sama pentingnya dengan ruangan lain, seperti kamar tidur, ruang tamu ataupun ruang keluarga.


Nah, jika Anda salah satu pengguna mushola didalam rumah, tidak ada salahnya jika Anda mendesainnya senada dengan ruangan lain, atau menjadikannya lebih spesial agar Anda bisa lebih bersemangat dalam beribadah dan dapat dilakukan dengan semakin khusyuk. Selain itu, Anda tidak perlu terlalu memusingkan proses pembuatan mushola karena mushola dalam rumah tidak memerlukan ruangan yang besar, yang terpenting hanyalah ruangan yang bersih dan nyaman.


Tapi bukan berarti ruangan untuk beribadah ini tidak perlu di desain dengan baik ya. Apabila Anda ingin membangun mushola, ada baiknya jika Anda menyimak terlebih dahulu beberapa rekomendasi desain mushola dalam rumah yang minimalis namun tetap cantik.

1. Mushola dengan Ruang Terbuka Hijau


Ide desain mushola dalam rumah yang pertama ini menawarkan ruang mushola yang dekat dengan taman terbuka. Anda dapat menghiasi mushola ini dengan rumput mutiara dan beberapa bunga maupun tanaman gantung lainnya.


Adanya ruang terbuka hijau di sebelah mushola dalam rumah juga bisa menambah kesan sejuk dan rimbun, sehingga ibadah bisa semakin khusyuk di mushola yang adem.


Namun, pastikan mushola Anda ini terhindar dari ruang yang basah ketika hujan. Anda bisa mengganti bagian atap taman yang terbuka dengan kaca. Dengan ini juga Anda bisa tetap mendapatkan pencahayaan alami jika shalat di siang hingga sore hari.


2. Mushola dengan Jendela Besar Sebagai Pencahayaan Alami


Desain mushola dalam rumah selanjutnya memiliki konsep memanfaatkan pencahayan natural dari matahari.


Untuk konsep yang satu ini, Anda tetap tidak perlu khawatir dengan luas ruangan sebab mushola dengan konsep ini tetap tidak memerlukan ruang yang luas. Yang terpenting adalah adanya jendela besar di ujung ruang yang akan dijadikan mushola. Hal ini dapat menambahkan kesan luas pada ruangan khusus beribadah ini.


Selain itu, Anda juga bisa menambahkan tirai yang dipadukan dengan vitrase agar memberikan kesan elegan.


Pastikan juga untuk menambahkan karpet sebagai solusi tepat agar mushola dalam rumah menjadi semakin nyaman.


3. Mushola dengan Ruangan Persegi


Anda memiliki ruang dengan bentuk persegi tapi dengan luasan terbatas dalam rumah? Rasanya sayang ya jika menggunakannya sebagai gudang saja. Daripada sekedar menjadi tempat menyimpan barang tak terpakai, Anda bisa merubahnya menjadi mushola dalam rumah dengan kapasitas yang cukup luas, lho. Bahkan, dengan bentuk ruang persegi, Anda bisa melakukan sholat berjamaaah.


Selain itu, Anda juga bisa menambahkan karpet bermotif agar ruangan tampak lebih hidup. Pastikan juga untuk menaruh meja kecil dengan laci serba guna untuk menyimpan tasbih dan Al-Qur'an.


4. Mushola dalam Rumah Nuansa Gold


Apakah hunian Anda memiliki konsep elegan yang menerapkan warna gold? Warna yang satu ini memang tak diragukan lagi memiliki kesan elegan yang mewah. Tidak heran, warna ini banyak disukai oleh banyak orang yang menyukai tampilan mewah dan elegan.


Nah, Anda juga bisa menerapkan warna senada pada mushola dalam rumah. Padukanlah warna gold dengan warna putih sehingga mushola dalam rumah tampak teduh. Jangan lupa juga memasang lampu kuning agar memberikan kesan ruangan yang hangat.


5. Mushola di Area Plafon Rumah


Area pada plafon bagian atas di rumah biasanya dimanfaatkan sebagai gudang karena tidak begitu luas. Tapi tahukah Anda, Anda bisa mengubahnya menjadi mushola dalam rumah.


Dengan memanfaatkan ruang kecil dibagian atap rumah ini, Anda bisa membangun mushola dalam rumah tanpa perlu membangun ruangan baru.


Pastikan juga Anda menambahkan berbagai hiasan, seperti lampu kecil, tanaman, dan karpet, agar suasana plafon yang sempit menjadi nyaman untuk beribadah.

6. Mushola Pada Sudut Ruangan Paling Luas Di Rumah


Harus diakui, menambah mushola didalam rumah tentu terasa cukup merepotkan mengingat Anda harus melakukan perombakan didalam hunian.


Tapi jangan khawatir, jika Anda tidak ingin membongkar tembok padahal ingin menambahkan mushola dirumah, maka salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah membuat sekat di sudut ruangan yang memiliki luasan paling besar.


Anda bisa memanfaatkan ruang paling luas, seperti ruang keluarga. Anda bisa menggunakan kayu ukur atau gypsum sebagai bahan untuk membuat sekat sehingga Anda tidak perlu merubah bentuk ruangan keseluruhan.

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page